Beranda · Pengantar · Belajar Blog · Pengumuman

Langkah-Langkah Melakukan Posting Artikel Pada Blog

Setelah membuat blog sudah barang tentu kita harus mengetahui bagaimanan cara melakukan posting pada blog karena posting inilah yang akan menjadi isi dari blog kita. Postingan pada blog bisa berupa pengalaman, tips dan trik, tutorial atau panduan dan lain sebagainya yang sebaiknya disesuaikan dengan tema blog kita.

Apabila postingan di blog kita bagus dan bermanfaat untuk orang lain tentu akan semakin bertambah pengunjung yang datang ke blog kita untuk membaca artikel tersebut. Sungguh suatu hal yang sangat mengagumkan jika kita dapat berbagi kepada orang lain akan pengalaman, pengetahuan dan hal-hal lain yang sekiranya bermanfaat yang kita tuangkan ke dalam tulisan-tulisan di blog.

Untuk melakukan posting pada blog sebenarnya tidaklah terlalu sulit, hanya saja jika baru pertama kali melakukan posting perlu banyak mengenal dan mengetahui fungsi atau kegunaan masing-masing fitur di editor blogspot.

  • Masuk kesitus blogger (www.blogger.com);
  • Seperti biasa isi Username dan Password lalu enter atau klik login;
  • Setelah itu akan masuk ke tampilan dashboard blogger;
  • ntuk memulai melakukan posting pada blog silahkan klik Entri Baru;
  • Kemudian terbukalah laman dimana kita bisa memulai memasukkan tulisan kita. Apa saja yang dapat kita lakukan? Lihat gambar dibawah ini !

Langkah-Langkah Melakukan Posting Artikel Pada Blog
Keterangan :
  1. Tulis judul artikel yang akan kita buat.
  2. Kotak penulisan artikel, disinilah tempat kita menulis hal-hal yang ingin kita bagikan.
  3. Untuk membuat suatu postingan yang berbasis text atau tulisan pada blog . Contoh : Ini adalah sebuah artikel postingan.
  4. Untuk membuat suatu postingan yang berbasis code html/css pada blog. Contoh : <div style="float:right"> Ini adalah sebuah artikel postingan </div>.
  5. Berfungsi untuk menerbitkan atau mempublikasikan artikel yang telah selesai kita buat dan menyimpan artikel kedalam blog sekaligus menampilkan di internet.
  6. Menyimpan artikel, jika selesai maka dapat kita publikasikan tapi jika belum selesai maka akan tersimpan sebagai draf.
  7. Berfungsi untuk melihat tampilan sementara atau preview postingan sebelum dipublikasikan.
  8. Berfungsi untuk menutup halaman post editor dan kembali ke halaman sebelumnya.
  9. Berfungsi untuk memberi label/kategori pada artikel. Misalnya artikel dengan judul “ Peta dan Komponenya” kita berikan label “Materi”. Sebuah artikel dapat diberikan lebih dari satu label caranya, pisahkan label satu dan yang lain dengan tanda koma.
  10. Berfungsi untuk mengatur waktu yang kita inginkan untuk menerbitkan artikel yang telah kita buat.
  11. Pada bagian ini untuk memberikan nama tautan khusus untuk artikel yang sedang ditulis, biarkan dalam default ( tautan permanen otomatis ).
  12. Berfungsi untuk menentukan lokasi kita saat membuat artikel, abaikan jika tidak perlu.
  13. Penjelasan singkat tentang artikel yang sedang kita tulis, dan hal ini pula yang membantu proses pencarian pada search engine.

Kurang lebih demikian bagaimana Langkah-Langkah Melakukan Posting Artikel Pada Blog, selamat mempraktekanya dan jangan bosan untuk terus belajar dan mencoba.
Terimakasih_bgm

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Langkah-Langkah Melakukan Posting Artikel Pada Blog"

Posting Komentar