Beranda · Pengantar · Belajar Blog · Pengumuman

Inilah Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Blog

Membuat atau membangun sebuah blog ibarat akan membangun sebuah rumah, tahu dong bagaimana ribetnya jika ingin membangun sebuah rumah? Kurang lebih seperti itulah jika ingin membangun sebuah blog. Dapat diartikan untuk membangun sebuah blog dibutuhkan berbagai macam rencana dan persiapan, dan dengan berbekal persiapan yang matang sudah barang tentu diharapkan akan menuai hasil yang sesuai harapan dan tujuan kita dalam membuat membangun blog.

Nah apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog?

Ini dia :

1. Tujuan

Pada dasarnya ngeblog itu membutuhkan waktu, tenaga dan biaya, oleh karena sebelum membuat blog harus memiliki tujuan yang jelas agar waktu, tenaga, dan biaya yang telah kita curahkan tidak terbuang sia-sia.

2. Topik

Pada tahap ini kita harus menentukan topik apa yang akan kita pilih untuk blog kita. Misalnya blog yang akan kita buat ingin mengambil topik tentang kesehatan, pariwisata, Pengalaman dalam mengajar, mata pelajaran IPA, Bahasa Inggris, atau jugatentang media pembelajaran, dan lain sebagainya.

Setelah kita tentukan maka isi blog kita fokus kearah topik tersebut. Sekedar saran untuk Guru MI bisa mengambil topik Guru Kelas, atau Guru Kelas berapa, atau Guru PAI, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Guru MTs dan MA bisa fokus ke Mata Pelajaran yang di ampu masing-masing.

3. Platform

Banyak sekali platform gratis yang dapat kita gunakan untuk membuat blog, contohnya seperti Blogger, Wordpres, Blog Detik, dan masih banyak lagi. Tapi untuk pelatihan kali ini kita akan menggunakan Platform Blogger .

4. Domain

Jika kita memilih Blogger sebagai tempat membuat blog, maka kita akan diberi domain gratis dari bawaan blogger yakni blogspot.com. Contohnya : namapilihankita.blogspot.com.

Oleh karenanya silahkan berfikir dan menentukan pilihan nama apa yang akan kita buat sebagai alamat blog kita yang posisinya berada didepan blogspot.com tadi.

5. Let’ Go

Ini artinya tahap persiapan telah kita lalui, tinggal melengkapai beberapa persyaratan untuk kemudian kita bisa langsung membuat membangun sebuah blog.

Demikian mengenai Inilah Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Blog dan terimakasih_bgm

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Blog"

Posting Komentar