Beranda · Pengantar · Belajar Blog · Pengumuman

Cara Membuat E-Mail Google Sebagai Senjata Utama Blogger

Cara membuat Gmail
Blogger Guru Madrasah - E-mail merupakan senjata utama atau piranti yang menurut saya wajib dimiliki oleh siapapun yang ingin lebih mudah mengakses berbagai fasilitas yang ada di internet atau online terutama bagi seseorang yang ingin menjadi blogger.

Dengan berbekal satu akun e-mail kita bisa membuat akun-akun lainya, seperti facebook, twitter, dan media sosial lainya. Selain itu kita juga bisa dengan mudah mengakses beberapa aplikasi online yang memang mensyaratkan memasukkan alamat e-mail untuk membukanya.

Salah satu cara membuat e-mail adalah menggunakan fasilitas e-mail yang disediakan oleh google secara gratis atau free yakni Google Mail. Google Mail atau yang lebih di kenal dengan Gmail adalah account email berbasis web di mana email disimpan di dunia maya atau internet bukan pada komputer Anda.

Dengan memililki account e-mail menggunakan Gmail, maka kita akan dengan mudah mengakses beberapa fitur google dengan muah dan gratis karena memang sudah di integrasikan dengan e-mail kita. Fitur-fitur yang telah disediakan google diantaranya Google Play (untuk download aplikasi Android), Google Maps (untuk melihat maps/peta), Youtube (media sharing video), Google Plus (sosial media milik Google), dan yang pasti fasilitas gratis membuat blog pribadi ataupun bisnis dengan menggunakan Blogger.

Mari segera pelajari bagaimana Cara Membuat E-Mail Google Sebagai Senjata Utama Blogger, yakni membuat account Gmail, Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini : 

Langkah-langkah Membuat Email Google atau Gmail 

Langkah 1 : 
Buka Browser internet Anda dan masuk pada Google Mail (https://mail.google.com), maka Anda akan diarahkan ke halaman login account milik Google, seperti gambar dibawah ini; 


Langkah 2 :
Untuk membuat e-mail baru, maka silahkan klik Create an account (Buat akun). Setelah Anda klik link tersebut, maka Anda akan diminta untuk mengisi data-data pribadi Anda untuk tujuan keamanan, seperti Nama, Tanggal Lahir, No HP dan lain-lain, lihar gambar dibawah ini :

  • Nama : Isikan dengan nama Anda contoh Purwanto (nama depan) dan Mirasy (nama belakang).
  • Pilih nama pengguna Anda : Isikan alamat email yang Anda inginkan (jika alamat email yang Anda inginkan ternyata sudah terpakai, maka Google akan memberikan saran kepada Anda untuk alamat email yang masih tersedia dan bisa Anda gunakan).
  • Buat sandi : Isikan password yang anda ingikan.
  • Konfirmasi sandi Anda : Masukkan ulang password Anda (harus sama dengan yang Anda tulis pada kotak isian Buat Sandi).
  • Tanggal lahir : Isikan tanggal lahir Anda ( Google mensyaratkan untuk memiliki gmail anda harus sudah berumur minimal 18 Tahun).
  • Gender : Pilih jenis kelamin Anda (Wanita, Pria atau Lainnya)
  • Ponsel : Isikan dengan nomor handphone Anda (No Ponsel digunakan untuk membantu memudahkan tim Google untuk menjaga Akun Anda agar tetap aman, misalnya jika Anda lupa sandi yang Anda gunakan, maka Google akan mengirimkan SMS ke No Ponsel yang sudah Anda daftarkan untuk membantu Anda mengingat kembali/mengganti sandi yang Anda gunakan).
  • Alamat email Anda saat ini : Masukkan alamat email lain yang Anda gunakan, jika Anda masih belum memiliki email lain silahkan Anda abaikan saja.
  • Ketikkan dua kata tersebut : tulis kembali kata/angka yang ditampilkan pada gambar captcha, jika masih kurang jelas silahkan tekan refresh disebelah kotak isian.
  • Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat Anda tinggal (karena kita tinggal di Indonesia, maka pilih dengan tanpa ragu Indonesia).
  • Setelah mengisi semua data yang diperlukan, silahkan klik atau contreng Check Box "Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google" kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Langkah berikutnya. 
Langkah 3 : 
Tambahkan Foto (hal ini untuk mempermudah orang lain mengenali Anda, Anda juga dapat mengganti foto Anda dikemudian hari, namun jika Anda tidak ingin menampilkan foto Anda, silahkan klik Buat Profil Anda). 


Langkah 4 : 
Selanjutnya kita akan dibawa kehalaman penyambutan, yang menandakan anda baru saja membuat sebuah akun gmail dan apabila kita ingin langsung menggunakan email silahkan klik Lanjutkan ke Gmail. 


Dengan telah munculnya halaman seperti pada gambar diatas itu tandanya anda baru saja telah sukses membuat akun gmail dan sudah memiliki alamat email yang bisa anda gunakan untuk masuk fitur-fitur yang desediakan oleh google dan yang pasti langkah anda untuk menjadi seorang blogger sudah didepan mata.

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Cara Membuat E-Mail Google Sebagai Senjata Utama Blogger"